Notula Rapat Pemangku Kepentingan Prodi S2 Teknik Air Tanah pada tanggal 17 April 2024

Hadir dalam rapat ini adalah perwakilan dari berbagai pihak, termasuk industri (PT. Danone), pemerintah daerah (Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Provinsi Jawa Barat), kementerian (Kementerian PUPR, Pusat Litbang Air), akademisi (dosen Unpad), dan masyarakat (LSM Komunitas Riset Cekungan Bandung).

Pada pertemuan ini, berbagai usulan penting diajukan:

  1. Ilmu hidrogeologi perlu menjadi pengetahuan masyarakat. Pemahaman ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan air tanah yang berkelanjutan.
  2. Diseminasi ilmu menjadi sangat penting. Melalui penyebaran pengetahuan ini, masyarakat dapat lebih memahami dan menghargai pekerjaan dalam bidang hidrogeologi.
  3. Luaran riset hidrogeologi tidak hanya di jurnal ilmiah. Selain penerbitan di jurnal ilmiah, hasil penelitian juga harus dapat diakses oleh masyarakat umum, baik melalui publikasi populer atau media lainnya.
  4. Isu Sustainable Development Goals (SDG), Water, Sanitation, and Hygiene (WASH), Artificial Intelligence (AI), dan literasi data perlu menjadi fokus pengembangan kurikulum Prodi untuk masa depan.

Pertemuan ini menekankan pentingnya pendekatan yang inklusif dan berorientasi pada masyarakat dalam pengembangan dan diseminasi ilmu hidrogeologi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia